Senin, 06 Januari 2014

IHSG Terapkan Fraksi & Satuan Lot Baru, Sesi 1 Alami Pelemahan

Berita Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan ini dibuka menguat setelah di akhir pekan lalu mengalami pelemahan yang disebabkan oleh aksi ambil untung oleh para investor.  

Pada pembukaan pagi ini IHSG menguat tipis 0,04% ke posisi 4.259,48 dengan  indeks saham-saham unggulan LQ 45 menguat 0,05% ke level 709,67.  Penguatan ini didorong oleh sektor aneka industry dan infrastruktur yang dibuka menguat  0,60% dan 0,42%. Pada pembukaan perdagangan saham sesi I ini tercatat volume perdagangan sebesar 4,58 juta saham senilai Rp 13 miliar dengan jumlah transaksi 541 kali.

Pada pembukaan  perdagangan saham pagi ini tercatat sebanyak 11 saham naik dan 29 saham yang turun. Saham-saham yang tercatat menguat pada pembukaan perdagangan pagi ini antara lain saham ASII dan SUGI. sementara saham yang melemah antara lain MNCN, BWPT, dan ISAT

Untuk pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan cinderung alami pelemahan hingga penutupan sesi 1 seiring bursa Amerika yang berakhir variatif setelah pernyataan gubernur The Fed yang tetap akan mendukung pertumbuhan ekonomi. 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan saham sesi I (6/1) ini ditutup melemah 0,91% ke level 4.219,06. Dan  indeks saham-saham unggulan LQ 45 pada siang ini tercatat alami pelemahan 1,01% ke level 702,17.

Pada penutupan perdagangan saham sesi I ini tercatat volume perdagangan sebesar 1,30 milyar saham senilai Rp. 1,50 triliun dengan total transaksi 81.645 kali. Pada penutupan perdagangan saham siang ini tercatat sebanyak 79 saham naik, dan 207 saham turun.

Pelemahan IHSG hingga siang ini didorong oleh sektor perkebunan dan pertambangan dimana masing-masing sektor tercatat menguat 2,08% dan 1,90%. Dan hingga akhir sesi 1 ini, sektor konsumsi, manufaktur dan aneka industry berhasil menguat.

Saham-saham yang tercatat menguat pada perdagangan akhir sesi I ini antara lain saham TPIA, SSMS, dan ASII. Sementara aham-saham yang tercatat melemah pada perdagangan akhir sesi I ini antara lain saham MSKY, LPKR dan MNCN.

Analis Vibiz Research Unit dari Vibiz Consulting melihat bahwa IHSG pada perdagangan sesi I hari ini akhirnya ditutup melemah mengiringi pelemahan yang terjadi di bursa asia di tengah maraknya aksi ambil untung, dan diperkirakan pelemahan masih dapat terjadi hingga akhir perdagangan sore nanti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar